3.3.a.10.1. Forum Berbagi Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
3.3.a.10.1. Forum Berbagi Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Peristiwa (Facts)
Ekstrakurikuler
Pandu Digital adalah Pengelolaan program yang berdampak pada murid di SD Negeri
20 Muara Enim dengan dilator belakangi bahwa murid-murid kita dapat melakukan lebih dari sekedar
menerima instruksi dari guru. Mereka secara natural adalah seorang pengamat,
penjelajah, penanya, yang memiliki rasa ingin tahu atau minat terhadap berbagai
hal. Lewat rasa ingin tahu serta interaksi dan pengalaman mereka dengan orang
lain dan lingkungan sekitarnya, mereka kemudian membangun sendiri pemahaman
tentang diri mereka, orang lain, lingkungan sekitar, maupun dunia yang lebih
luas. Dengan kata lain, murid-murid kita sebenarnya memiliki kemampuan atau
kapasitas untuk mengambil bagian atau peranan dalam proses belajar mereka
sendiri. Ekskul Pandu Digital dirancang sesuai dengan filosofi KHD bahwa
didiklah murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya serta pemanfaatan
sumber daya atau aset yang dimiliki sekolah berupa Cromebook dan jaringan
internet yang stabil dan tujuan dari program ini adalah Peningkatan literasi digital
bagi peserta didik. Langkah-langkah yang saya lakukan dalam aksi nyata ini
adalah :
1.
Berkoordinasi
dengan kepala sekolah, guru, dan tendik bahwa akan melakukan aksi nyata berupa
program ekskul pandu digital di SD Negeri 20 Muara Enim agar kegiatan ini
didukung oleh semua warga sekolah.
2.
Berkoordinasi
dengan Orang tua murid lewat paguyuban kelas bahwa ada kegiatan program ekskul
pandu digital dengan melibatkan murid diluar jam wajib sekolah.
3.
Menyampaikan
informasi program ekskul pandu digital kepada peserta didik kelas tinggi, kelas
4, 5, dan 6.
4.
Membuat
pertanyaan dan gali mimpi dengan tehnik BAGJA tentang flatform digital yang
disukai murid dan kegiatan seperti apa yang mereka inginkan.
5.
Membentuk
panitia/pengurus untuk membantu kelancaran dan penjadwalan kegiatan ekskul
pandu digital
6.
Mengadakan
pelatihan flatform digital sesuai dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid
7.
Mendokumentasikan
kegiatan
Hasil dari aksi
nyata yang dilakukan :
1.
Peserta
didik meresume materi yang mereka pilih dari berbagai tema sesuai dengan minat
mereka.
2.
Peserta
didik membuat poster atau komik untuk menyampaikan hasil resume materi yang
mereka pilih dalam bentuk aplikasi digital
3.
Peserta
didik yang lebih paham akan membantu temannya yang masih belum mengerti atau
tutor sebaya
4.
Poster
dan komik digital yang akan dipamerkan di e-perpus/e-book yang bisa di akses
oleh semua murid SD Negeri 20 Muara Enim
Perasaan (Feelings)
Perasaan saya
setelah menjalankan aksi nyata yaitu senang karena dengan memberkan kesempatan
peserta didik untuk berekspresi dan berinovasi sesuai suara, pilihan, dan
kepemilikan murid ternyata murid-murid bisa menemukan keunikan dan kekuatan
yang ada pada diri mereka masing-masing. Saya juga terharu ketika murid bisa
berkreatifitas dan menyampaikan materi lewat media digital dengan menggunkan cromebook
yang saya tau mereka ada yang baru pertama kali menggunakan media tersebut,
akan tetapi tidak ada kesulitan bagi mereka untuk berkreasi dengan sangat
kreatif.
Pembelajaran
(Findings)
Pembelajaran yang
saya dapatkan dari aksi nyata atau dari program ekskul pandu digital ini adalah
murid mampu dan senang belajar ketika mereka melakukan sesuai dengan suara dan
pilihan mereka. Mereka tidak ada beban meskipun baru pertama kali belajar
tetapi sudah bisa mengekspresikan kemampuan mereka. Ketika murid diberi ruang
untuk beraksi dan berekspresi mereka akan melakukannya dengan senang serta sangat
semangat untuk belajar.
Penerapan ke Depan
(Future)
Penerapan kedepan
program ini akan berkelanjutan dan akan menjadi salah satu program unggulan
sekolah untuk meningkatkan literasi khususnya talenta digital dalam mencetak
generasi unggul Indonesia Emas 2045 sesuai dengan profil pelajar pancasila bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong
royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatuf. Penerapan ke Depannya murid
tidak hanya dilatih dan membuat konten pembelajaran berbasis digital, akan
tetapi murid akan berkolaborasi dan berbagi dengan peserta didik di sekolah
lain dalam bentuk webinar/pelatihan dengan melibatkan murid sepenuhnya mulai
dari panitia, host, moderator, dan narasumber. Sehingga Ekskul Pandu Digital
benar-benar program yang sesuai suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
Selamat kepada Pak Mberang Udin, yang sudah menyelesaikan tugas pada modul Aksi Nyata Modul 3.3.a.10. dan 3.3.a.10.1. Forum Berbagi Aksi Nyata (Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid) pada tahapan pembelajaran yang terakhir dari modul ini, yang sekaligus merupakan tahapan terakhir dari keseluruhan rangkaian modul Program Guru Penggerak.
BalasHapusTerima kasih Pak Mberang Udin, sudah membuat artikel refleksi, yang mencakup pengalaman, perasaan dan pembelajaran yang anda temui selama menjalankan Aksi Nyata untuk Paket Modul 3 dan membagikan artikel Aksi Nyata dalam media lain, seperti blog pribadi atau mengirimkannya ke laman Guru Berbagi serta membuat dokumentasi yang dilengkapi video, foto maupun e-modul dan perpustakaan digital sebagai wahaha berbagi sesama CGP serta literasi di sekolahnya sebagai program/kegiatan dalam bentuk e-portfolio yang hasilnya menarik, bagus dan luar biasa.
Bapak selaku fasilitator merasa bangga dan yakin dengan cara pandang baru, inovatif, kreatif, pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang telah Pak Mberang Udin kembangkan dalam proses belajar selama ini, telah memulai aksi perubahan dalam praktik-praktik pembelajaran yang dilakukan sehari-hari di sekolahnya.
Kami hanya ingin mengingatkan kembali bahwa, perubahan tidak harus dimulai dari hal yang besar, tetapi mulailah melalui langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan dalam lingkungan yang secara langsung dapat Bapak/Ibu pengaruhi terlebih dahulu. Dengan aksi-aksi nyata melalui perubahan-perubahan kecil yang Bapak/Ibu buat, Bapak yakin dampak positif akan dapat dirasakan oleh komunitas belajar di sekolah Bapak/Ibu, yang kemudian mampu menginspirasi lingkungan yang lebih luas, ” Lakukan yang terbaik di semua kesempatan yang kamu miliki ” dan semoga sukses selalu.
Aamiin, semoga kami diberi kemudahan untuk mempraktikan ilmu yang kami peroleh dalam PGP ini, terima kasih banyak atas suport, dukungan, bimbingan dan ilmu yang telah bapak berikan kepada saya sungguh luar biasa dan menginspirasi, sebagai bekal semangat kami untuk terus belajar, berbagi dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik untuk murid kami. Kami tidak bisa membalasnya, semoga Alloh akan membalas semuanya. Sukses untuk kita semua pak. Salam semangat dan bahagia.
BalasHapus